Selasa, 04 Desember 2012

Kentang Ulir,Snack Unik Berbentuk Spiral


 

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memulai suatu bisnis. Peluang usaha itu sendiri tergantung dengan cara kita memanfaatkan waktu luang dan tabungan kita sebagai modal awal. Bisnis sederhana dengan modal yang sedikit bisa kita dapatkan dengan memproduksi dan menjual kentang ulir. Makanan unik jenis baru ini memberikan peluang bai mereka yang memiliki modal kecil yang mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Munculnya makanan ini adalah sebagai inovasi baru supaya konsumen tidak jenuh dengan makanan yang itu-itu saja.

Makanan ringan atau cemilan yang berbahan dasar kentang selalu menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang. Walaupun diolah dengan berbagai macam aneka makanan atau bumbu olahan, kentang tetap memiliki cita rasa yang khas bagi setiap penikmatnya. Rasa gurih dan renyah dengan aroma kentang yang khas membuat makanan ini berbeda dari makanan-makanan lain. Selain itu, bentuk yang unik dari panganan ini pun mampu menarik perhatian siapa saja yang akan menjadi calon konsumennya. Maka tak heran bila target pasarnya mencakup banyak orang dari berbagai umur.

Modal dari bisnis kentang ulir tergolong murah, karena produsennya hanya membutuhkan alat potong khusus untuk memotong kentang menjadi spiral, tepung, minyak, dan bumbu-bumbu aneka rasa atau mayonais untuk menambah cita rasa pangan ini. Hal selanjutnya dalah pemilihan lokasi penjualan. Bisnis kentang ulir membutuhkan lokasi penjualan yang cukup fleksibel karena target pasar mereka yang mencakup segala usia, jadi pemilihan lokasi bisa jadi di kantin sekolah atau kampus atau sekitar perumahan atau stand-stand di pusat perbelanjaan. Berikut adalah cara untuk membuat kentang ulir:

Alat dan bahan yang diperlukan:
  • Alat khusus pemotong kentang
  • Tusuk sate
  • 3 kg kentang yang bentuknya bulat lonjong
  • 500 gr tepung terigu
  • 2 liter air
  • 50 gr bumbu bubuk (rasa disesuaikan selera, seperti: keju, balado, atau barbeque)
  • 1 liter minyak goreng
  • 100 gram mayonais
  • 50 gr saus sambal
  • Garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Cucilah kentang hingga bersih.
  2. Potong kentang dengan bentuk spiral.
  3. Tusukkan kentang yang telah berbentuk spiral dengan tusuk sate.
  4. Campurkan air, terigu, dan garam.
  5. Panaskan minyak, lalu goreng kentang sampai kering dan berwarna kecoklatan. Lalu angkat dan tiriskan.
  6. Taburkan bumbu bubuk di permukaan kentang. Dan sajikan dengan saus mayonaise dan saus sambal.

sumber:http://lapar.com/kentang-ulir-snack-unik-berbentuk-spiral/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar