Jumat, 30 November 2012

Pria berjenggot menyeramkan atau malah menarik ?



Pria yang memiliki jambang atau jenggot ternyata memberi kesan tersendiri di mata orang lain,baik itu pria maupun wanita. Jenggot dapat menimbulkan persepsi negative mengenai ekspresi garangnya,bahkan persepsi positif seperti kemampuan seksualnya.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal itu,dua orang peneliti yaitu Barnaby Dixson(Victoria University,Selandia Baru) dan Paul Vasey(University of Lethbridge,Kanada) ,merilis sebuah studi yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Behavioral Ecology seperti dilansir dari msn


Peneliti menunjukkan bahwa pertumbuhan rambut pada wajah berada di bawah control genetic dan dapat berfungsi sebagai sinyal seksual pria. Dalam penelitian tersebut,para wanita diminta memberikan  pendapat ,mana yang lebih menarik pada pria yang sama dalam keadaan berjenggot atau yang bersih tanpa jenggot. Dan hasilnya pria berjenggot lebih menarik di mata wanita.
Rambut pada wajah dinilai dapat meningkatkan kesan agresif dan mengancam pada pria. Ini adalah studi perttama yang menunjukkan bahwa jenggot menimbulkan ekspresi wajah marah ,garang dan kesan agresivitas yang tinggi dibandingkan dengan pria yang mencukur bersih wajahnya. Hal ini menunjukkan bahwa jenggot memainkan peran penting dalam penanda visual seorang pria.



Kalau jenggotnya gini masih mending...


Tapi kalau sudah kaya gini,...
 


Jenggot  pada pria sering dilihat sebagai tanda kedewasaan,pendidikan dan kompetensi seseorang.baik pria maupun wanita menganggap jenggot sebagai atribut positif seperti kecerdasan,percaya diri,keberanian,dan kematangan social . namun dalam penelitian,jenggot menimbulkan ekspresi marah  dan membuat pria terlihat mengancam dan jahat daripada ketika orang yang sama tidak berjenggot

Jadi,pria berjenggot menyeramkan atau malah menarik? Di jawab ya..!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar